My Dilema

My Dilema

Cikarang, 29 Juni 2008

Sore ini seperti biasa ortu nganterin gua ke terminal. Pa udah dapet tempat duduk, ortu ga langsung balik. Bokap sibuk ngabisin es duren yang dibeli pas mampir ke Kartika Sari. Nyokap cuman ngeliatin doang. Ga beberapa lama ortu pamit. Ngeliat ortu gua yang ubannya udah semakin banyak dan emosinya udah kayak anak kecil, gua mendadak sadar kalau gua udah besar dan harus mulai belajar bertanggung jawab. It’s time for repay for everything that they have done to me! Pengen rasanya bikin bangga ortu tapi ga tau harus gimana.
Tiba-tiba inget kalau sehari sebelumnya ke Gramedia bareng Nyokap. Pas udah dapet buku yang diincer, gua ama Nyokap udah mau balik. Eh ga diyana...masih ada beberapa buku best seller termasuk buku yang langsung ditunjuk Nyokap dengan judul “ Sudah Siapkah Anda Menikah?” sambil senyum. Apalagi ada tulisan tambahan di bawahnya, “ Mempersiapkan hal-hal penting dalam hidup anda”. Dengan lugunya gua bilang ke Nyokap “ Menikah itu penting ya?”(sayangnya mimik gua ga selugu kata-kata gua). Nyokap langsung melototin, gua sih pura-pura ga liat aja. Hehehehe.
Dua kejadian itu terjadi hanya beda sehari. Tapi efeknya luar biasa. Dua kejadian itu bikin gua mikir kalo gua udah gede dan udah saatnya untuk mikir cari pasangan hidup dan menikah. Itu jelas-jelas keinginan Nyokap gua. Nyokap pengen gua secepetnya merit (terbukti dari buku yang ditunjuk di Gramed) dan mungkin juga secepetnya punya anak. Nyokap mungkin pengen secepetnya ngerasain repotnya menyiapkan pernikahan putri satu2nya dan bisa jadi akan banyak wejangan pas gua hamil pertama.
Wajar!Alasan yang bikin gua berpikir realistis daripada idealis. Tapi belum sepenuhnya gua bisa menerima hal relaistis itu. Gua pengen bikin ortu gua bangga ama diri gua khususnya buat Nyokap gua karena gua anak perempuan satu2nya. Entah kenapa gua masih belum bisa menerima konsep menikah dan punya anak. Alasannya tentu aja karena gua belum siap. Selain itu juga karena gua masih idealis banget.
Gua bingung memilih antara realita dan mimpi gua. Gua masih ga tau mana yang sebaiknya gua pilih. Melihat orang tua gua yang semakin tua dan makin sadar mereka butuh dukungan gua untuk bisa buat ortu gua bahagia. Tapi gua ga bisa gitu aja membuang mimpi gua. Masih jauh untuk bisa ke mimpi gua itu dan membiarkan kebahagiaan gua hilang untuk membahagiakan ortu gua, apa itu bisa? Ga adakah jalan tengah? Jalan itu yang lagi coba gua cari.
Dilema itu selalu ada. Dilema yang bikin hati gua ga tenang. Ego gua susah untuk dilawan. Sisi kemanusiaan gua pun ternyata bisa protes. Jadi gua masih belum bisa mengambil keputusan karena toh jalan tengah itu masih dicari. Mungkin gua memang harus menunggu. Dengan harapan jawaban itu sesegera mungkin muncul karena gua juga udah tua...hehehehe.
Kalau jawaban itu udah ada, dilema ini bisa diselesaikan. Waktu dan pikiran gua juga jadi bisa fokus untuk mengatasi dilema gua yang lain. Yup! Hidup itu penuh dilema dan harus dijalani. Just be positive!

Comments