My Bad Teeth Is Finally Out!

My Bad Teeth Is Finally Out!


Bandung, 20 September 2009

Yup! Gigi nakal gua yang keluar di luar batas ke-gigi-an akhirnya dicabut. Proses pencabutannya dilakukan kemarin tanggal 19 September berlokasi di RS Borromeus Bandung.

Awalnya gigi gua yang seharusnya gigi taring itu ga keluar dari gusi. Menurut dokter giginya dibiarin aja karena toh setelah ditunggu cukup lama, ga nongol-nongol juga.
Ya sudahlah asal ga mengganggu, dibiarin aja.

Tapi ga taunya, dia tiba-tiba tumbuh menerobos gusi gua. Ga sopan!
Dasar emang gua orangnya males dan cuek banget, gua diemin aja tuh gigi. Tapi lama kelamaan kok makin mengkhawatirkan ya?? Gigi gua tuh udah bener-bener maksa pengen keluar.

Wah gawat nih klo ga dilakukan tindakan segera. Takutnya malah merusak susunan gigi gua yang lain. Akhirnya dengan tekad baja, gua ke dokter untuk konsultasi. Pas dokternya udah periksa sana periksa sini, akhirnya gua disuruh foto radiologi. Alhasil gua ke radiologi untuk foto gigi gua. Gua difoto dua kali, yang pertama foto seluruh gigi, trus yang kedua, rahang atas gua difoto dari bawah. Abis itu gua balik lagi ke dokter, dan ternyata sodara-sodara, ada 2 gigi yang harus dicabut. Selain gigi nakal gua itu, ternyata gigi geraham gua juga ada yang tumbuh tapi ga nongol dan dia menabrak gigi geraham gua yang lain. Itu baru keliatan setelah difoto. Agak2 shock sih. Soalnya kebayang klo cabut gigi geraham pasti bakalan sakit banget. Gua harus memutuskan kapan mau dioperasi pencabutan giginya. Kata dokternya sih bisa langsung hari itu. Cuman gua belum siap secara mental jadi mending cari hari lain aja deh. Lagian butuh beberapa hari untuk recovery.

Gua diskusi masalah operasi ini ke nyokap dan beliau menyarankan gua untuk ambil cuti. Minimal satu hari deh. Setelah dipikir-dipikir panjang dan lebarnya (halah!), gua memutuskan untuk buat janji operasi pas libur lebaran. Kan lumayan tuh libur 10 hari, jadi gua ga perlu ambil cuti. Lumayan bisa nabung cuti untuk hal-hal penting dan mendadak (you know what I mean lah...hehehe). Ya udah setelah deal dengan nyokap, nyokap mendaftarkan diriku operasi pas libur lebaran.
Anehnya gua merasa biasa-biasa aja, ga takut atau panik. Padahal waktu gua kecil, gua sering banget ke dokter buat cabut gigi. Gua sempet trauma karena pas disuntik itu rasanya sakit banget. Tapi pas diinget-inget ga ngefek tuh, mungkin krn gua juga udah lupa rasanya gimana. Yang lebih aneh lagi, nyokap gua yang lebih takut dan ga berani nemenin gua. Walah!Gua ga mau sendirian lah. Walopun gua ga takut dioperasi setidaknya klo ada nyokap kan lumayan tenang.

Detik-detik menjelang operasi, gua harus minum obat dulu sejam sebelumnya supaya ga terlalu sakit. Pas lagi duduk-duduk di ruang tunggu, ga berapa lama nama gua dipanggil. Untung aja nyokap udah ada di belakang gua. Berarti aman! Gua langsung disuruh duduk dan tanpa ngomong apapun, dokternya langsung menyuntikkan obat bius lokalnya. Gua langsung nutup mata gua. Rasanya pahit dan gua langsung kumur-kumur. Dokternya balik ke kursi, ngobrol sebentar ama nyokap gua. Gua sama sekali ga ngerti mereka lagi ngomongin apa karena gua masih shock dengan suntikan tadi. Ga berapa lama, dokternya balik lagi dan melakukan operasi. Gua tutup mata gua lagi. Bener-bener ga berani lihat , ntar gua makin takut. Gua cuman mengira-ngira apa yang sedang dilakukan dokter itu dengan gerakan-gerakan tangannya di mulut gua.
Setelah gusi gua dirobek sedikit, dokternya langsung ambil tang berusaha mencabut gigi gua dengan paksa. Benar-benar dipaksa lho!Tanpa ampun, gigi gua ditarik-tarik dengan kejamnya ampe gusi gua berdarah. Huhuhu,teganya dirimu dokter. Sempet ganti ke tang yang lebih kecil, tapi tetep aja ga ngefek. Gua sempet teriak-teriak kesakitan ampe dokternya berhenti sebentar, “sakit ya?ga kan?”. Ya emang ga terlalu sakit sih cuman agak2 serem aja karena bunyinya itu lho bikin was-was. Rada-rada lebai ya?huahahahahaha. Akhirnya gigi gua berhasil dicabut keluar. “Udah selesai ya mbak.”, begitu kata susternya. Iya sih udah selesai tapi darahnya ga berhenti keluar. Susternya bolak-balik ambil kapas buat bersihin darah.

Abis itu, lanjut ke proses penjahitan. Gua udah serem aja pas liat dokternya pegang –pegang benang jahit. Huhuhuhu, itu apaan!!! Jangan!! Udah telat! Dokternya sudah siap menusukkan jarumnya ke gusi gua. Beneran deh! Itu tuh sakit banget. Ya ampun baru gusi yang ditusuk aja udah sakitnya minta ampun. Apalagi kalau tangan atau kepala ya? Ih serem! Sempet jerit-jerit juga sih. Dokternya berusaha menenangkan. Gua sih pasrah-pasrah aja.

Cuman sekitar 15 menitan akhirnya operasinya kelar juga. Gua dikasih liat gigi nakal gua itu. Buset dah! Ternyata panjang juga ya?! Dan anehnya akarnya melengkung gitu. Parah! Penasaran ga?Hehehehe, jangan deh. Soalnya bokap ama adikku gua aja jijik pas gua kasih liat. Jadi daripada ntar pada mimpi buruk, mendingan ga usah ya.

Nah, ternyata dua gigi gua yang lain (yang tumbuh normal-red) dipasang kawat gitu. Kata dokternya sih supaya susunannya ga berubah. Jadi ceritanya itu, akar gigi nakal gua itu tumbuhnya di tengah-tengah akar dua gigi gua yang lain. Pas proses pencabutannya pun, dokternya rada hati-hati gitu soalnya takut ‘melukai’ dua gigi lain. Ck,ck, ternyata serumit itu ya cuman urusan gigi doang. Rada aneh sih pas dipasang kawat itu, berasa kayak pake kawat gigi a.k.a behel.
Sehabis operasi itu, gua juga tetep harus minum obat, antibiotik ama pereda rasa sakit. Waduh!paling ribet deh klo udah disuruh minum obat. Klo gt kan makannya kudu teratur. Jadi makin gendut deh...huhuhuhuhu.

Walopun sepertinya banyak penderitaan yang harus kulalui (hayah, lebai!), sisi positifnya adalah gigi nakal gua ini akhirnya keluar juga. Jadi masalah pergigian ini sudah selesai. Eh tp masih ada satu lagi deng yang belum dicabut, gigi geraham gua. Gua awalnya udah mau sekalian dua gigi yang dicabut. Cuman kok satu aja, udah cukup traumatis nih. Ya udah ga jadi deh. Lagian dokternya bilang ga harus dicabut sekarang, tunggu recovery untuk gigi yang pertama dulu. Toh, butuh waktu seminggu untuk dateng lagi ke dokternya untuk dibuka jahitannya. Untung aja operasinya pas libur panjang jd kan ga perlu bolak-balik ke Bandung. Keputusan tepat!
Yang perlu diperhatikan sekarang adalah makan hati-hati dan teratur minum obat. Semoga cepet sembuh deh supaya bisa makan dengan rakus lagi,hihihihi.

So begitulah kronologis operasi gigi nakal gua.

Aneh, mendebarkan sekaligus melegakan...hehehehe.

Comments