How To : Stay Positive


source:google.com

Hello everyone...
Back again with the #howtoseries

Kemarin saya teringat diskusi saya dengan teman saat kuliah. Dia cerita soal Ibunya yang mengikuti seminar mengenai berpikir positif. Saat itu saya berpikir, seminar macam apa itu ? Tema yang sangat aneh. Obrolan pun berlanjut ke hal lain karena saya tidak bertanya lebih lanjut soal seminar itu.
Sekarang setelah dewasa a.k.a tua (hohoho), tema seminar itu menjadi relevan. Dengan menjadi dewasa, semakin banyak hal yang dipikirkan, masalah yang dihadapi dan berbagai macam tipe orang yang ditemui. Hal seperti ini yang membuat saya sulit menjadi tetap berpikir positif.
So for today post, I will share few things to stay positive from my personal opinion. Let’s go!

Remember the purpose
Pasti sangat menyebalkan kalau ada saja hal kecil yang menganggu saat kita sedang konsentrasi dengan pekerjaan kita. Secara naluriah rasanya ingin menyelesaikan hal kecil itu demi ego. Yup! Itu sering saya rasakan. Ada kepuasan tersendiri menyelesaikan semua hal termasuk yang seringnya ga penting. Okay! First rule, always remember the purpose! Jangan terpengaruh oleh hal kecil dan berusaha menyelesaikannya. Kalau hal itu tidak berhubungan dengan tujuan kita, lebih baik lupakan saja. Tujuan dapat membantu kita memilah hal yang penting dan tidak.

Stay focus
Poin ini berhubungan erat dengan poin yang pertama. Tujuan tapi tidak fokus tidak ada gunanya. Inti dari kedua poin ini adalah menghindari hal-hal tidak penting sehingga kita bisa tetap positif terhadap masalah dan orang lain.

Be Thankful
Selalu bersyukur dalam segala hal. Yup! I absolutely agree with this one! Everything happen for a reason. Kita mungkin merasa kesal dan bete luar biasa kalau menemui masalah atau orang yang sangat menyebalkan. Percaya deh, itu semua ada tujuannya. Saya selalu berusaha bersyukur untuk semua masalah itu karena membuat kita semakin bijaksana dan dewasa. Dengan bersyukur kita akan lebih ikhlas dan tentunya lebih positif dalam berpikir.

Keep Smile
Haha! Bagaimana caranya untuk selalu tersenyum ? I can’t answer this question either. Saya pernah membaca quote bahwa saat kita memiliki masalah lebih baik menertawakannya daripada meratapinya. Kenyataannya ga segampang itu. Tapi percaya deh, meratapi juga ga akan menyelesaikan masalah. Tetap tersenyum dan semuanya akan baik-baik saja.

Oke, itu semua tips-tips yang bisa saya share di posting kali ini. Semoga bermanfaat yaa..
See you on the next #howtoseries

Comments