Traveling : First Tips


Setelah pameran GTF 2018 kemarin yang ramai dikunjungi membuktikan liburan itu sudah masuk kategori kebutuhan primer. Termasuk saya sendiri 😁. Memang dengan berbagai tawaran tiket murah kita jadi punya banyak kesempatan pergi ke berbagai tempat, domestik maupun internasional, apalagi ditunjang dengan tempat wisata yg menarik untuk dikunjungi. Entah itu eksotismenya,instagramable atau makanan khasnya. Jadi ga perlu ragu lagi buat cari tanggal merah dan tujuan wisata kamu. But first of all,sebelum menentukan liburan kemana,berikut tips dan trik yang bisa kamu ikuti..
Tentukan tempat tujuan
Of course! Kamu harus menentukan dulu tujuan traveling kamu. Sesuaikan dengan siapa kamu liburan. Pasangan, teman-teman atau keluarga.Jadi kamu bisa sesuaikan tempat yang sesuai dengan kebutuhan kamu.
Lama traveling
Ini biasanya ditentukan dengan jadwal liburan. Kita bisa lihat dari kalender tahunan yg banyak muncul di akhir tahun,pastikan sudah ada tanggal merah libur nasionalnya ya,hehehe. Cari tanggal kejepit,sesuaikan dengan libur kantor atau sekolah. Kalau mau ambil libur panjang,pastikan sudah dapat ijin cuti dari kantor kamu. Jangan sampai kamu sudah pesan tiket tapi harus terpaksa direschedule krn tidak dpt ijin. Kamu akan kena biaya tambahan reschedule.
Browsing tempat tujuan
Berikutnya adalah cari tahu tentang tujuan traveling kamu. Wisata rekomendasi bisa kamu temukan dengan mudah di berbagai blog traveller atau berbagai website lain seperti tripadvisory. Tujuannya supaya kamu punya sedikit gambaran tempat tujuan kamu nanti atau bisa pilih-pilih yang sesuai keinginan kamu. Selain itu,kamu bisa menentukan barang yg perlu kamu bawa seperti jaket tebal atau sepatu sneaker.Jangan sampai kamu salah kostum dan kamu malah tidak bisa menikmati liburan kamu.
Itinerary
Itinerary atau jadwal perjalanan perlu kamu siapkan. Jadwal perjalanan ini harus sedetail mungkin,termasuk jam berangkat, lama perjalanan dari satu tempat ke tempat berikutnya, jam buka tempat wisata dan tentukan berapa lama kamu akan berada di tempat wisata tersebut. Kamu juga bisa menambahkan tempat makan siang dan malam. Dengan itinerary,kamu jadi punya kontrol pada liburan kamu dan memastikan semua tempat sudah kamu kunjungi. Tips lain,pastikan kamu mempertimbangkan jarak antar tempat supaya tidak perlu bolak balik dan waktu perjalanan lebih efisien. Jangan lupa sertakan waktu membeli oleh-oleh ya. Detail pembuatan itinerary bisa kamu klik disini.
Budget
Yup! Ini juga penting. Liburan itu perlu tapi jangan sampai kamu bangkrut. Budget itu termasuk tiket pesawat,tiket kereta atau bensin kalau kamu pakai mobil pribadi; tiket masuk tempat wisata, hotel, biaya makan, dan belanja oleh-oleh. Jadi kamu bisa tahu berapa banyak biaya yg dihabiskan, sesuai budget or overbudget. Sesuaikan langsung dengan mencari promo hotel atau tiket pesawat.
Paspor atau visa
Ini khusus untuk perjalanan internasional. Buat kamu yg belum punya paspor,siapkan dokumen dan urus di kantor imigrasi terdekat. Biasanya kamu perlu buat janji dulu untuk foto dan data biometrik. Jadi jangan mepet-mepet ya. Selain paspor, ada beberapa negara yang memerlukan visa, jadi waktu pengurusan perlu kamu pertimbangkan. Ada beberapa dokumen yang perlu kamu submit di kedutaan masing-masing. Pastikan paspor kamu masih berlaku min 6 bulan sebelum expired. Ribet yak! Tapi demi kelancaran perjalanan,prosedur ini harus kamu lewati.
Packing
Ini yg terakhir tapi ga kalah penting. Usahakan packing jauh-jauh hari karena terkadang ada hal yg perlu dibeli atau disiapkan sebelumnya. Percaya deh! Walaupun sudah dilist sedetail mungkin, selalu ada yangg terlupakan. So prepare yourself. Tips packing lebih lengkap bisa kamu baca dengan klik disini.

Semoga panduan ini berguna ya buat kamu2 yg mau liburan. Persiapan juga hal yg penting supaya perjalanan kamu berjalan lancar. Dengan persiapan yg ribet ini,jangan lupa untuk tetap bersenang-senang. Have fun & happy holiday  😘😘

Comments