Beauty Review : Mizzu, Mustika Ratu & Purbasari Foundation





Halo guys...
Bertemu lagi di posting tentang beauty review. Sejak awal tahun sampai beberapa bulan terakhir ini, banyak produk foundation terbaru yang shadenya friendly dengan kulit sawo matang. Yup ! Untuk kulit sawo matang seperti aku, jarang bisa dapat shade yang cocok. Memang tidak banyak produk yang menyediakan shade untuk kulit sawo matang, apalagi produk dari Korea. Produk Korea yang cocok buat aku adalah produk skincarenya. Next akan aku bahas di morning & evening skincare routine. Just wait on the next posting 😊

Posting kali ini memang excited bgt, selain shadenya yang pas, semuanya adalah PRODUK LOKAL! Yup, sengaja aku bold karena se-excited dan sebangga itu. Foundation ini dikemas dalam bentuk yang berbeda-beda; cushion, foudation dan alas bedak (ini mungkin bisa dibilang sama dengan foundation). Oke, aku akan bahas satu persatu disini.


Mizzu Glam Rock Aqua Foundation


Kemasan yang satu ini bentuknya cushion. Dalam kemasannya sudah disediakan cermin, puff dan foundation di bagian bawahnya. Puff berwarna hitam, unik dan lebih mudah buat kita untuk lihat seberapa banyak foundation yang terambil. Berbeda dengan cushion pada umumnya, bagian bawah dilapis dengan plat berlubang kecil. Foundation keluar dengan menekan plat beberapa kali.

Cushion ini terdiri dari 4 shade; #1Stunning, #2Charming, #3Alluring & #4Appealing. Dilihat dari shadenya, Mizzu ini sangat pro dengan kulit Indonesia, karena hadir dengan shade yang berbeda-beda. Shade #2 lebih cenderung ke shade natural, shade #3 lebih ke shade dengan yellow tone, dan shade #4 shadenya lebih gelap. Shade yang aku pilih adalah shade #3 Alluring. Jujur agak ragu untuk memilih shade #2 atau #3. Dua shade ini jelas-jelas berbeda. Shade natural seharusnya cocok di aku,tapi hasilnya kemungkinan akan lebih putih dari warna kulit aku. Shade #3, kemungkinan tidak akan cocok, karena kulit aku cenderung neutral undertone. But, let’s try shade #3. 


Foundation ini teksturnya sedikit kental dan oily. Hasilnya medium sampai full coverage. Untuk memperoleh hasil matte, aku tutup lagi dengan bedak translucent. Shade Alluring ini hasilnya memang lebih sedikit ke kuning, tapi setelah beberapa lama warnanya menyatu dengan warna kulit. Menurut aku, ini satu-satunya cushion dengan shade yang cocok untuk kulit sawo matang. Kemasannya yang praktis sangat membantu untuk waktu-waktu sempit, seperti di pagi hari. Cushion ini pilihan aku untuk ke kantor setiap hari.


Mustika Ratu Beauty Queen Full Coverage Foundation


Foundation ini juga salah satu foundation yang aku incer. Mirip halnya dengan cushion, foundation lokal yang ramah dengan shade sawo matang, sulit sekali dicari. Apalagi sudah ada beberapa review dari beauty influencer kalau foundation ini salah satu yang terbaik. Mm, rasanya lebih banyak direview oleh yang kulitnya sama dengan aku, hehehe.

Mustika Ratu mengeluarkan seri beauty queen yang terdiri dari foundation, concealer, compact powder, eyeshadow, pensil alis & liptint. Lengkap! Foundation ini ada yang hasilnya dewy finish & matte finish, masing-masing dengan 3 shade. Shade Ivory, Nude Beige & Caramel. Botol plastik dengan pump dan isinya 35 ml, memang tidak terlalu banyak. Teksturnya cenderung cair kental tapi warnanya pekat dan coveragenya cenderung ke full. Biasanya aku apply dengan beauty blender untuk hasil lebih merata. Hasilnya sama saja dengan Mizzu, warna kulit aku lebih cenderung kuning. Huhuhu. Walaupun yellow undertone, coveragenya oke dan bagus juga kok. Untuk hasil natural, aku pakai Maybelline Fit Me Powder.

Aku termasuk orang yang jarang tertarik, atau bahkan tidak sama sekali, mencoba foundation lokal. Foundation yang pernah dicoba sampai habis adalah L’oreal. Foundation ini bisa jadi pilihan untuk kamu yang butuh full coverage, seperti ke pesta atau kondangan. Nilai plusnya, shadenya cocok di kulit sawo matang. Foundation ini recommended bgt!


Purbasari Alas Bedak


Produk yang ini juara!Ga bisa ngomong apa-apa deh. Purbasari sudah cukup dikenal dengan produk yang murah meriah tanpa menghilangkan kualitas. Produk ini salah satunya. Alas bedaknya ini dilengkapi ekstrak Markisa dan UV Filter, walaupun tidak jelas SPF berapa. Isinya sama dengan Mustika Ratu, 35 ml. Agak aneh, kemasan beda tapi isi sama. Cek di bawah ya poin comparison, kalian akan tahu maksud aku. Harganya hanya 9.000 aja. Yup! Murah meriah.

Oke, harganya murah tapi bagus ga ya ? Shadenya ada 4 yaitu natural, kuning gading, kuning langsat dan sawo matang. Shade yang dipilih, tentu saja sawo matang. Teksturnya juga mirip dengan Mustika Ratu, tapi dengan warna lebih gelap. Hasilnya masih tetap masuk ke tone kulitku. Jadi alasan produk ini juara adalah murah, kualitas bagus dan shadenya pas bgt. Tapiiii....sayang bgt karena aku ga cocok dengan produk ini. Kulit aku jadi bruntusan merah parah, ditambah dengan gatal di area dahi dan dagu. Alerginya mungkin karena ekstrak markisa. Kalau mau coba produk ini, worthed banget. Mudah-mudahan cocok di kulit kalian.


Comparison
 
Setelah dibahas satu-satu, sekarang kita masuk di perbandingan untuk ketiga produk ini. Untuk mempermudah, perbandingan bisa dilihat di tabel berikut.


Kriteria
Mizzu Glam Rock Aqua Foundation
Mustika Ratu Beauty Queen Full Coverage Foundation
Purbasari Alas Bedak
Shade
#3Alluring
Caramel
Sawo Matang
Coverage
Medium to Full
Full
Medium to Full
Finished
Dewy
Matte
Matte
Hasil
Yellow tone
Yellow tone
Beige/Natural
Harga
150.000
139.000
9.000





Klo dibandingkan, poin yang pertama kali dilihat pasti harganya. Purbasari dari segi harga dan kualitas memang oke banget. Shadenya lebih natural pas di tone kulit aku. Mizzu harganya lebih mahal dibandingkan Mustika Ratu, tapi menang dari sisi packaging yang mirip cushion. Hasil keduanya cenderung ke yellow tone kurang cocok di kulit aku. Coverage Mustika Ratu lebih ke full dilihat dari swatchesnya dan teksturnya lebih thick. Klo disuruh pilih antara keduanya, aku lebih prefer Mizzu karena hasilnya tidak terlalu kuning, praktis dan bisa di-build up sampai full coverage. Hasilnya yang matte masih bisa diantisipasi dengan pemakaian bedak tabur.
Verdict : Purbasari > Mizzu > Mustika Ratu 
So, sekian review untuk foundation lokal. Sampai ketemu lagi di beauty review berikutnya.
Bye and have a nice day !

Comments