How To : Stay Organized



Hello semuanya...
Seminggu sudah terlewati di tahun baru ini..
Do you still have new year spirit ? Semoga masih tetap semangat ya..

Buat aku sendiri, salah satu cara untuk tetap semangat adalah...stay organized!
Yup, kalau lingkungan atau cara hidup kita teratur..kayaknya segala sesuatunya jadi lebih mudah ya..

Oke, jadi posting kali ini akan membahas cara-cara untuk tetap teroganisir dalam hidup. Harapannya supaya apapun target kita tercapai di tahun ini. Amiiin.

Clean workspace

by : creativemarket.com
Pastikan area kerja kita selalu bersih. Bersih dari pekerjaan..hehehe.
Jadi maksudnya adalah ATK tertata rapi, semua barang memiliki tempat yang spesifik. Kalau sudah selesai dipakai, maka dikembalikan ke tempat tersebut. Kalau kamu termasuk suka pernak pernik, pastikan dalam keadaan rapih dan bersih. Yup! Bersih itu juga penting. Rapi tapi juga harus terawat. Area kerja harus selalu rapi sebelum dan sesudah bekerja. Aku sendiri, selalu memastikan paperwork diselesaikan segera jadi tidak menumpuk di area kerja. Rapi, bye stress!

Planner

by : creativemarket.com
Sejak 2 tahun lalu, aku selalu menyipkan planner di awal tahun. Bentuknya bisa apa saja, monthly, weekly or daily planner. Just pick which convenient for you. Kamu bisa beli di toko offline atau online. Planner jenis ini sudah banyak kok. Bahkan dulu ada toko online yang jual versi loose leaf, jadi bisa kita gabung sendiri, contoh monthly & weekly. Kalender kerja tahunan dari kantor pasti dikirimkan sejak akhir tahun sebelumnya. Ini biasanya aku tulis ulang di monthly planner aku. Jadi setiap ganti bulan, kita sudah siap dengan agenda kerja bulanan plus hari libur kejepit. Hohoho.
Agenda mingguan ditulis di weekly planner, termasuk deadline. Ini bantu banget untuk track kerjaan kita. Memastikan tidak ada yang terlewat apalagi klo load kerjaan sedang penuh. Planner ini bisa kamu pakai juga untuk tagihan2 bulanan. Cocok banget untuk pelupa kayak aku 😊

Declutter

by : Techsytalk.com
Pernah ga sih bingung mau pakai baju apa saking banyaknya? Atau malah sering? Hehehe. Aku sendiri sering bgt. Pernah ga sih sadar kalau ada baju yang hanya dipakai sekali atau dua kali? Sering juga! Mulailah declutter/sortir. Pilah barang-barang yang ga akan pernah kamu pakai. Apapun alasannya; sudah ga muat, sudah ga fashionable, ‘suatu saat akan dipakai kok’. Buang jauh2 alasan apapun. Sebaiknya ini dilakukan periodik, krn selera bisa jadi berubah. Untuk pakaian, pastikan kamu punya gambaran style seperti apa yang akan kamu pakai. Bisa jadi kamu jadi punya ‘seragam’ untuk tiap outfit.
Ga cuman pakaian ya; peralatan dapur, makeup, skincare. Kalau kamu hanya butuh 1, sisanya bisa didonasikan. Warna lipstik yang mirip2 juga bisa kamu sortir. Ini seperti melakukan evaluasi kebutuhan kamu. Awalnya pasti berat, tapi berikutnya kamu tinggal melanjutkan.

Buy only important stuff

by : eBay.com
Siapa disini sering beli barang ga penting karena lucu ? *Ngacung. Apapun yang lucu & unik, pasti dibeli. Akhirnya biasanya tidak terpakai. Ini ada hubungannya dengan poin diatas. Klo sudah sortir barang, please jangan ditambah lagiL.
Semakin banyak barang, semakin susah hidup terorganisir. Ini berlaku juga buat pakaian juga lho.
Rulesnya jadi seperti ini; more stuff > more place > more time to clean up. Hasilnya lebih banyak uang, lebih banyak tenaga untuk beres2.
Pastikan barang yang disimpan adalah barang yang penting dan diperlukan. Do this and you will surprise you only need less. Sedikit barang jadi lebih mudah ditata, mudah dilihat dan mudah dicari.


One in One Out

Ini masih ada hubungannya dengan kedua poin diatas. Yup! Sifat konsumtif itu memang berpengaruh terhadap kehidupan lho. Ga hanya soal budget tapi juga soal organizing.
Terus ini maksudnya bagaimana ya?
Contoh : kamu donasi 1 baju berarti kamu hanya boleh ganti dengan 1 baju juga.
Iya aku tahu kok, ini memang susah banget. Ini untuk memastikan bahwa kamu ga menumpuk lagi barang2 yang ga perlu dan akhirnya harus sortir besar2an. Jujur untuk baju, aku masih belum bisa. Untuk skincare, aku biasanya agak strict. Diganti hanya klo sudah habis dan hy tersedia 1 brand saja. Ini buat hidup kita lebih mudah, krn terkadang kita lupa kalau kita sudah punya persediaan.
Untuk makeup, waah...ga pernah berhasil. Hahahaha.

Wakeup Early Every Morning

by : clipart-library.com
Aku termasuk morning person. Lebih semangat! Lha terus yg night person gimana?
Bangun beberapa jam lebih awal dari biasanya. Selain untuk mengumpulkan nyawa, kamu bisa cek schedule kamu hari itu. Memastikan tidak ada yang terlewat atau kamu harus menyusun prioritas ulang. Kamu bisa juga meluangkan waktu untuk olahraga 30 menit atau meditasi. Bagus untuk ‘membangunkan’ fisik kamu. Ini bisa menjauhkan kamu dari stress lho.





Sekian tips dari aku. Ini berdasarkan pengalaman pribadi. Ada yang sudah sukses dilakukan, ada juga yang masih belajar. So, kita sama-sama berusaha ya..
Semoga di tahun ini hidup kita lebih teratur dan jadinya lebih sukses

Tetap semangat, see u soon...💗  

Comments