How To : Save More Money

source : clipart.com


 
Halo guys..

How do you do ? Kita ketemu lagi di posting berikutnya..
Satu bulan di tahun 2019 sudah terlewati...bagaimana dengan resolusinya? Masih on track?
Hehehe, salah satu resolusi aku di tahun ini adalah terkait financial. Aku membuat target jumlah tabungan di tahun ini.
Jadi posting ini akan kembali ke topik "How To Series" yaitu How To Save Money More.

Aku termasuk orang yang sangat boros. Apalagi dengan kemudahan belanja sekarang ini. Harbolnas yang semakin sering di situs e-commerce. Pasti ada saja yang dibeli, entah butuh atau pengen. Ditambah dengan kebiasaan jajan dan jalan-jalan pas weekend.
So, aku akan share tips yg aku pakai untuk menabung lebih banyak.

Nabung di awal

Nah, tips yang pertama ini penting bgt. Punya sifat boros itu merugikan, jadi pencegahannya harus nabung duluan. Setiap kali terima dana; entah itu gajian, hasil usaha atau uang saku, aku akan alokasikan dulu untuk ditabung. Tujuannya supaya ada dana yg ditabung dengan jumlah tetap. Jadi bukan sisa ya teman-teman..

Budget

Ini ada hubungannya dengan poin diatas. Jadi biasanya aku tentukan budget bulanan : alokasi yg pertama pasti tabungan. Jadi klo punya target setahun 25 juta, berarti sisanya alokasikan untuk yang lain. Jangan lupa, alokasi dana juga termasuk jajan, belanja makeup & skincare.

Catat-catat

Klo kamu sudah menyusun budget, langkah selanjutnya adalah dicatat. Ini untuk mengetahui apakah pengeluaran kamu sudah sesuai dengan budget. Aku sendiri biasanya untuk melihat rata-rata pengeluaran tiap bulan, tentu saja setelah dikurangi dengan tabungan. Cara ini juga memudahkan kita untuk melihat sisa uang bulanan kita. Nah, kalau sebelumnya aku mencatat manual di buku, sekarang ada 2 apps gratis yang recommended. Apps ini user friendly bgt jd bisa langsung kamu pakai. Apps ini membantu menghitung sisa kas kita & yang pasti pengeluaran tidak terlewat dicatat. Pas buat aku yg suka lupa! 😁

 Catatan Keuangan Harian

Recommended. Easy to use! Ga ribet & ga banyak iklan. 
Tampilannya juga lebih enak dilihat.








 


 Financial Records

Logo dibawah ini adalah yg Pro, tipe advanced & sepertinya berbayar. Pilih yg tulisan di logonya 'free' ya..











 


Disiplin

Budget, check. Catat, check. Tapi kok tetap overbudget ?! Hahaha, tenang, awalnya pasti begitu kok. Yang penting disiplin. Jadi kalau pengeluaran bulan ini overbudget, jangan lupa akumulasikan ke bulan berikutnya ya. Tujuannya supaya ‘hutang’ tidak menumpuk.

So sekian ‘how to series’ kali ini..
Hope it would help..semoga tahun ini kita bebas finansial!
See you on next posting..

Comments