How To : Edit Video On Your Phone

source:kiss clipart & google play


Halo semuanyaa..
Apa kabar ? Hope you all well
Kali ini kita kembali ke topik “How To Series”. Biasanya aku bahas soal keuangan atau organizer. Posting berikut akan membahas hal yg berbeda, Edit Video. Blog dengan beauty review, aku sertakan video. Aku masih pemula soal video taking and editing, tapi aku akan share teknik atau aplikasi yg akau pakai selama ini. Semoga ini bisa membantu ya...

Peralatan yang aku pakai cukup sederhana. Pertama adalah timing. Video lebih bagus dilakukan saat pagi atau sore untuk mendapatkan pencahayaan alami. Aku hanya menggunakan smartphone untuk merekam dengan kamera depan. Untuk penyangga smartphone, aku pakai gorilla pod atau ring light selfie portable. Alat selfie lebih gampang digunakan karena smartphone bisa diatur ke posisi portrait. Aku juga memastikan peralatan makeup atau lainnya sudah siap di depan meja. Rekam video jadi lebih mudah dan cepat. Aku rekam video step by step. Contoh : On-aplikasi foundation-Off-Jeda-On-Aplikasi Eyebrow Pencil-Off-Jeda-dst. Dari pengalaman, proses edit jadi lebih mudah daripada potong-potong dari satu video utuh.  


Aplikasi yg aku pakai; YouCut. Ini aplikasi pertama yg muncul di App Store. Aplikasi ini mudah banget  dipakai karena menunya sangat mudah dimengerti. Kamu ga perlu lihat video tutorial untuk tahu cara menggunakan aplikasi ini. Oke, kita langsung ke step-by-stepnya.
 Langkah 1;
Pilih gambar dari smartphone dengan menekan tombol ‘+’ di bagian bawah. Kamu bisa pilih beberapa gambar sekaligus.

Langkah 2;
Pilih gambar yg akan diedit. Menunya simple, ada sekitar 12 jenis. Semuanya basic yg cocok untuk editor pemula. Menu yg biasa aku pilih adalah Trim, Text, Emoji dan Speed.

Langkah 3, Trim;
Menu ini terbagi lagi menjadi 3 bagian; Trim, Cut dan Split. Trim digunakan untuk menghilangkan bagian video, tapi hanya antara bagian depan atau belakang. Cut bisa dipakai untuk menghilangkan bagian tengah video. Split bisa dipakai untuk memisahkan bagian video, tapi bagian itu masih tetap ada.
Langkah 4, Text;
Aku pakai menu ini untuk menambahkan judul di bagian awal video. Aku pilih menu ‘Text’ dan memilih jenis huruf dan warna. Untuk warna background, aku pilih menu ‘Label’. Menu ‘Border’ dan ‘Shadow’ untuk menambah garis tepi pada text dan memberi kesan tiga dimensi.

Langkah 5, Emoji;
Ini menu yg sama dengan aplikasi sosial media lainnya ya.
Langkah 6, Speed;
Untuk mengurangi durasi video, aku akan edit speednya menjadi 4x lebih cepat.


Klo pilih gambar sekaligus, klik gambar yg akan diedit maka akan muncul window kecil dgn menu basic bersamaan. Cara ini lebih mudah. Untuk menghilangkan backsound, klik tulisan 100% pada gambar dan ganti menjadi 0% kemudian pilih untuk apply ke semua gambar. Di window ini, kamu bisa langsung pakai menu trim dan speed. Selain itu kamu bisa pilih crop, rotate dan bahkan copy untuk edit video yg sama dengan hasil berbeda.

Setelah selesai edit, jangan lupa disimpan dengan kilik ‘Save’. Pilih video quality yg ingin kamu simpan. Semakin bagus kualitasnya, semakin besar ukuran filenya. Biasanya aku pilih kualitas 480  p dengan tipe medium, lalu klik tombol compress. Video otomatis akan diconvert sesuai pilihan kamu sebelumnya.
Video akan tersimpan di folder Youcut di smartphone kamu.







Sekian sharing aku tentang edit video menggunakan smartphone kamu.
Semoga bermanfaat dan tetap semangat
See you on next posting XOXO
















Comments