7 Tahapan Skincare Untuk Pemula

tahap skincare pemula


Siapa disini yang pernah pakai resep dokter? Atau ada yg masih berlanjut sampai sekarang? Aku pernah. Yup, muka aku dulu berminyak, berjerawat dan kusam. Waktu itu udah bingung banget sampai akhirnya disarankan ke dokter kulit. Akhirnya aku konsultasi ke E*ha. Sekali datang bisa menghabiskan 700-800rb dan antriannya panjang. Obatnya hanya bertahan untuk sebulan. Kita harus konsultasi ulang dengan dokter untuk mendapatkan resep yang sama. Obatnya ampuh kok, wajah jadi ga berjerawat dan lebih cerah. Sayangnya teksturnya lengket dan berminyak. Baunya juga ga terlalu enak, wajar sih karena ini obat racik. If its works, then why stop?

Ada beberapa alasan; antrian panjang, biaya konsultasi yg lumayan mahal dan tekstur obat yg berminyak. Jadi solusinya?


Kebetulan waktu itu lg booming banget skincare Korea. Memang belum banyak yg membahas tapi ada beberapa produk Korea yang sudah dijual online. Akhirnya aku mencoba beberapa produk dan cocok. Lega dan bahagia banget. Muka jarang berjerawat dan lebih cerah. Happy!


Kalian pasti ada yang familiar dengan 10 Step Skincare Korea. Aku mengikuti tahapan skincare Korea, tapi ga semuanya. Jadi kali ini aku akan bahas step-step penting untuk pemula.



First Cleanser – Oil Based



Tahapan pertama ini penting banget. Buat kalian yang suka makeup, penting untuk dibersihkan dengan pembersih berbahan dasar oil ini. Bahan ini akan melunturkan semua makeup termasuk makeup waterproof.


Rekomendasi : Biore Cleansing Oil; Rp 25.000



Second Cleanser – Water Based



Cleansing tahap kedua juga penting. Ini akan membersihkan sisa-sisa kotoran di wajah. Kamu bisa pakai facial wash yang sesuai kondisi wajah kamu. Biasanya aku double cleansing lagi dengan Micellar Water atau Pond’s Shake & Clean. Second cleanser ini juga berguna untuk area-area yg tidak terjangkau facial wash. Lebih afdol.


Rekomendasi : Pond’s Shake & Clean; Rp 22.000 dan The Body Shop Camonile Fresh Micellar Cleaning Water; Rp 165.000



Toner



Secara umum, fungsi toner adalah membersihkan kotoran di wajah. Tapi sekarang toner sudah ditambahkan bahan yang dapat mengatasi masalah kulit lebih spesifik. Perawatan wajah sudah dimulai dari sini, jadi sebaiknya pilih toner yang sesuai dengan permasalahan kulit kamu.


Rekomendasi : SOMEBYMI AHA BHA PHA 30 Days Miracle Toner; Rp 170.000 dan BENTON Aloe BHA Skin Toner; Rp 138.000



Essence



Sekarang kita sudah masuk ke tahapan penting dari skincare. Formula essence biasanya ringan dengan konsentrasi yg lebih ringan daripada serum. Biasanya ini mempersiapkan kulit untuk tahapan yang lebih advance sesuai permasalahan kulit kamu. Teksturnya lebih cair, penggunaan bisa langsung dengan tangan atau kapas. Tepuk-tepuk perlahan di area wajah.


Rekomendasi : Benton Snail Bee High Content Essence; Rp 159.000 dan  Bio Essence 24k Bio Gold - Gold Water; Rp 255.000



Serum



Nah, konsentrasi serum lebih tinggi dibandingkan essence. Penting untuk memilih serum dengan bahan yg sesuai dengan permasalahan kulit kamu. Tekturnya biasanya lebih kental dan lengket. Biasanya kemasannya botol kaca dengan pipet.


Rekomendasi : The ordinary Niacinamide 10% + Zinc 1%; Rp 109.000 dan Garnier Sakura White Ultimate Serum; Rp 75.000



Moisturizer



Jenis kulit aku adalah berminyak, ga hanya di daerah T zone tapi hampir di seluruh area. Walaupun jenis kulit kalian sama dengan aku, kita tetap harus menjaga kadar kelembaban wajah kita dengan menggunakan moisturizer. Ada moisturizer untuk pagi hari dan malam hari. Perbedaan kedua kategori ini berdasarkan kandungan bahan yaitu bahan yg sensitif cahaya sehingga tidak direkomendasikan sebagai day moisturizer/cream. Jenis moisturizer juga dibedakan menjadi cream, lotion dan gel. Mau tahu bedanya, cek di bawah ya girls.


Rekomendasi : SOME BY MI Somebymi AHA BHA PHA 30 Days Miracle Cream; Rp 160.000 dan Clinique Dramatically Different Moisturizing Gel 15 ml; Rp 70.000

Jenis
Peruntukan
Kandungan Moisturizer
Manfaat
Cream
normal,kering dan sensitif
 tinggi
Mudah menyerap dan aman untuk kulit sensitif
Lotion
normal dan kombinasi

sedang
Mudah menyerap dan tidak lengket
Gel
berminyak
rendah
Mudah menyerap, tidak lengket dan memberi kesejukan
Sumber : https://review.bukalapak.com/


Sunscreen

Kita harus melindungi kulit kita dari paparan sinar UVA dan UVB. Fungsinya mencegah kulit terbakar, penuaan dini bahkan kanker kulit. Jadi memang kita tidak boleh skip tahapan terakhir ini.

Rekomendasi : Biore UV Aqua Rich Watery Essence SPF 50+/PA ++++; Rp 70.000 dan L'Oreal Uv Perfect Matte & Fresh Spf 50; Rp 90.000

Jadi itu 7 tahapan penting skincare untuk pemula. Kamu bisa cari alternatif produk lain selain rekomendasi aku ya. Sekarang sudah banyak banget skincare produk lokal yang kualitasnya bagus. 
Happy hunting dan trying!

Comments

  1. Aku juga kalo ngajarin ke temen-temenku, basically skincare itu ga perlu ribet ribet banget di awal. Pake metode CTMP juga udah cukup. Dan yang paling penting jangan langsung impulsif mau coba ini itu.

    ReplyDelete
  2. Iyaa betul.klo ribet ujungnya jd males.thnx for comment btw.😊

    ReplyDelete

Post a Comment