5 Aktivitas Positif Saat Di Rumah Aja #StayAtHome

5 Aktivitas Positif Saat Di Rumah Aja #StayAtHome


3 Bulan. Stay At Home. Pandemic yang luar biasa panjang. Dampaknya pun nggak main-main. Mungkin ada beberapa di antara kamu yang di-PHK, usaha kamu terpaksa berhenti, gaji & THR terancam dipotong. Cemas, sedih & depresi. It’s okay! Ayuk kita sama-sama menghadapi ini. Kita harus tetap berpikir positif & melakukan hal yang baik. Kali ini aku akan share 5 aktivitas positif selama masa di rumah aja.

Belajar Masak & Menu Baru

Banyak waktu di rumah, saatnya coba masak menu baru. Biasanya weekend keluar rumah dan wisata kuliner, kali ini kita bisa mulai cek-cek buku menu masakan. Lebih gampang lagi bisa cek resep-resep mudah di instagram. Selain skill bertambah, kita juga bisa memastikan makanan kita sehat & nggak perlu repot-repot keluar rumah. Bisa jadi setelah pandemi ini berakhir, kita bisa buka usaha katering. Hehehe.

Aku nggak pernah bisa membayangkan ada orang yang bisa baca 5 buku dalam sebulan. It’s impossible for me. Untuk sekarang, itu sangat mungkin terjadi. Waktu senggang yang biasanya habis untuk nonton youtube atau cek media sosial, sekarang digantikan dengan baca buku. Bosan nonton youtube atau film, kita bisa baca cerita misteri atau thriller yang nggak kalah serunya. Kamu juga bisa baca buku tentang pengembangan diri atau soft skill. Ini waktu yang tepat untuk mulai menghabiskan koleksi buku baru kamu.

Kursus Online

Di kondisi seperti ini, kita masih bisa belajar kok. Mulai cari kursus online yang sesuai dengan minat kamu. Silahkan cek Ruang Kerja, Skill Academy atau Coursera untuk kursus bahasa Inggris. Di Ruang Kerja, kelasnya mayoritas gratis tapi bidangnya terbatas. Skill Academy menawarkan kelas yang variatif dengan harga yang berbeda-beda, nggak ada yang gratis. Buat kamu yang statusnya sedang tidak bekerja atau sekolah, kamu bisa daftar Kartu PraKerja dan memanfaatkan promo di aplikasi ini. Coursera adalah kursus dengan basis berbahasa Inggris. Dalam masa pandemi ini, mereka menawarkan kelas gratis sampai periode Mei 2020. Ayuk kita belajar pengetahuan baru sambil tetap berada di rumah.


Clean Your House

Terlalu lama di rumah, kita jadi lebih perhatian dengan kondisi rumah. Saatnya kita mulai sortir koleksi pakaian, tas & sepatu. Jangan lupa juga pisahkan barang-barang tidak terpakai di gudang. Dengan kondisi seperti ini, penting lho tetap menjaga rumah tetap bersih. Yuk mulai bersih-bersih. Lakukan bertahap, nggak perlu buru-buru toh kita masih punya banyak waktu.

Take Care YourSelf

Ini penting banget. Selama ini kita mungkin sibuk dengan kuliah, pekerjaan & komunitas kita. Nah, sekarang saatnya kita juga mulai memikirkan diri kita sendiri. Creambath, luluran atau sekedar minum the & kopi sore, bisa membuat kita lebih rileks. Manfaatkan waktu ini untuk menjaga kondisi fisik & mental kita tetap prima. Manjakan diri sekali-sekali.
Satu lagi adalah jangan lupa berbagi. Kita bisa mulai dengan tetangga sekitar rumah, para ojek online atau mungkin rekan kerja kita. Di situasi sulit ini mari kita saling membantu.

Badai ini pasti berlalu. Masa-masa yang tidak bisa diprediksi kapan berakhir. Kita hanya bisa menjaga diri kita & orang sekitar kita.

Keep positive & Stay Safe

Comments

  1. yang jelas aku jadi harus masak, karena mau beli juga khawatir ya :P
    akhirnya belajar lah menu2 baru yang sebelumnya gak kebayang akan kupelajari, tapi tetap sih, passion aku bukan masak hahaha

    ReplyDelete

Post a Comment