Pengalaman Pertama Baca Buku Digital : Gramedia Ebook & Digital


Halo semuanyaa...

Kapan ya terakhir kali bahas soal buku ? Kayaknya sudah cukup lama. Memang beberapa hari terakhir sudah jarang baca buku. Biasanya rajin banget mampir ke Gramedia atau via e-commerce. Suka baca buku juga meninggalkan PR sendiri lho. Buku di rumah jadi numpuk. Nah, kali ini aku nggak akan review buku tapi cerita pengalaman pertama aku baca buku versi digital.

Hal pertama yang harus dilakukan adalah download aplikasi Gramedia Digital. Aplikasi ini digunakan untuk membeli sekaligus membaca buku. Selain via aplikasi, pembelian buku bisa dilakukan di website Gramedia Ebooks, tapi hanya untuk transaksi pembelian buku saja. Lebih praktis kalau donwload aplikasinya sekalian. Transaksi & baca buku bisa dilakukan di mana saja.

https://ebooks.gramedia.com/id/

Baca Juga : Book Review, The Silent Patient by Alex Michaelides

Disini kamu bisa cari semua buku baik terjemahan maupun versi bahasa Inggris. Kategori bukunya juga beragam, jadi bisa dibilang bukunya cukup lengkap. Harganya bagaimana kak ? Harganya hanya sedikit lebih murah dibandingkan beli di outlet. Kalau kamu rutin baca buku, kamu bisa pilih paket yang lebih murah. Kamu bisa pilih paket premium. Dengan paket premium, kamu bisa berlangganan buku selama 1 bulan. Pilihan packagenya beragam ya: Full premium package, fiction premium package, non-fiction premium package & kid premium package. Pilih yang sesuai dengan kebutuhan kamu ya dengan harga beragam dari IDR 45000 s.d IDR 85.000

Cara pembayaran ada beberapa pilihan. Aku lebih sering pakai Gopay. Gampang banget! Setelah transaksi selesai, cari kembali buku yang kita beli dan download buku tersebut.

Note : Setiap transaksi via ebooks gramedia, mereka akan mengingatkan untuk install aplikasi untuk baca terlebih dahulu.


Kesimpulannya.. 

Ini pengalaman pertama aku baca versi digital. Jujur dulu agak skeptis ini bisa menggantikan fisik buku. Tahu kan rasanya buka plastik pembungkus & cium wangi buku baru?! Bikin kangen. Tapi alhasil jadi banyak buku bertumpuk. 

Penggunaannya pun gampang. Cukup donwload aplikasi Gramedia Digital. Koleksinya juga cukup lengkap; majalah & berbagai macam jenis buku. Buat aku pribadi, pilihan bukunya nggak terlalu banyak walaupun aplikasi ini termasuk update untuk buku-buku baru. Transaksinya juga gampang banget. Apalagi ada pilihan gopay. Tinggal scan barcode, konfirmasi, buku langsung di tangan deh.  Mudah & nyaman. 

Baca buku versi digital ternyata nyaman. Nggak perlu ribet bawa buku kemana-mana, cukup bawa hp atau tablet. Apalagi sistemnya library ya, tinggal pilih buku yang mau dibaca & bisa ganti dengan mudahnya. Beberapa buku dalam 1 aplikasi. 

Sampai saat ini masih nyaman banget pakai aplikasi ini. Justru malah agak khawatir sih karena beli buku jadi nggak terkendali. Mirip seperti belanja online lah. 

Buat kamu yang penasaran baca buku digital, silahkan dicoba ya...


Comments

  1. Aku juga 2 bulan ini udah langganan Gramedia Digital yang fiction. Lumayan murah dan bisa banyak banget baca buku. Cocok buat aku yang selalu pengen baca tapi harus mikir mikir kalo beli buku terus. Emang gak bakalan ada yang bisa gantikan buku fisik. Tapi, sesuai zamannya aja jadi serba praktis. Apalagi kalo langganan buku itu bikin kita "maksa" rajin baca karena kan sayang yaaa hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Blm bisa komit langganan kak & ga setiap bln ada buku yg mau dibaca.but it's good alternative though.

      Delete

Post a Comment