#MyThoughts : What I Learned In 2020

#MyThoughts : What I Learned In 2020

Beberapa hari lagi menjelang tahun 2021. Nggak kerasa ya waktu begitu cepat berlalu. Pasti sudah banyak yang bilang tahun 2020 adalah tahun paling berat. Lesu, sedih & banyak ketidakpastian. Sekarang aja kita masih belum yakin apa yang bakal kita hadapi di tahun depan. Walaupun begitu, ada banyak hal yang aku pelajari di tahun ini.

Belajar Bersyukur

Di kondisi seperti ini, semakin banyak orang yang terdampak. Kehilangan pekerjaan & kesempatan usaha sendiri. Banyak orang sedang memulai usaha di awal tahun tapi terpaksa berhenti karena pandemi di awal Maret 2020. 

Aku belajar bersyukur bahwa aku masih diberi kesempatan untuk kerja. Tetap masuk kantor di suasana pandemi adalah suatu keberuntungan. Apapun yang kita punya sekarang adalah sebuah keberuntungan. Jadi tetap berusaha baik untuk mempertahankan keberuntungan itu. 

Belajar Pentingnya Dana Darurat

Nah, ini adalah hal yang baru disadari setelah sekian tahun bekerja. Ada hal penting yang perlu disiapkan untuk bisa bertahan di kondisi kritis seperti ini. 

Dana Darurat! Buat kamu yang baru mulai memiliki penghasilan sendiri, pondasi pertama adalah dana darurat. Pastikan kita menyisihkan sebagian penghasilan kita dengan perhitungan 6-12 kali pengeluaran bulanan. Kita bisa cicil dengan menabung 10% dari penghasilan tiap bulan. Semakin sedikit pengeluaran bulanan, semakin kecil dana darurat kita. Pengeluaran ini akan berhubungan dengan poin berikutnya.

Mindful Shopper

Belanja dengan bijak. Kondisi ini mengajarkan kita untuk evaluasi pengeluaran kita selama ini. Dulu kita bisa belanja apapun yang kita mau tanpa pikir panjang, apalagi bisa gesek kartu kredit. Pandemi membalikkan semua kenyamanan itu. Sekarang jadi lebih berhati-hati membelanjakan uang. Beli kebutuhan bukan keinginan. Selain itu, aku juga belajar untuk belanja kebutuhan harian sesuai kemampuan kita. Jangan terlalu membeli makanan jika kita nggak bisa menghabiskan sendiri. Kalau memang berniat untuk memberikan ke orang lain, barulah kita bisa membeli berlebih. Mindful Shopper, pikirkanlah segala sesuatunya. 

Belajar Investasi

Ini dimulai secara nggak sengaja setelah nonton Youtube Raditya Dika. Gara-gara video itu, jadi membuka pikiran soal jenis-jenis investasi. Akhirnya muncul di beranda Youtube video tentang investasi & mengelola keuangan. Video yang aku rekomendasi adalah FeliciaPutri Tjiasaka, Ngomongin Uang & Doddy Bicara Investasi

Untuk pemula, kamu bisa mulai belajar dari video Felicia karena penjelasannya mudah dimengerti. Bakal ketagihan deh nonton videonya Felicia. Topik video Ngomongin Uang lebih luas sampai ke ekonomi makro tapi tetap mudah dipahami & jadi belajar banyak. Video Doddy lebih ke sharing hasil investasi beliau pribadi sih dan disana kita juga bisa belajar banyak dari pengalamannya.

Tahun ini memang berat tapi kita juga diberi kesempatan belajar. Entah dari pengalaman sendiri atau pengalaman orang lain. Badai ini pasti berlalu. Siapkan diri lebih baik supaya kita siap dengan segala krisis. 

Happy New Year 2021

Keep Fighting & Stay Safe

Comments

  1. Tahun 2020 bikin kita lebih banyak belajar ya Mbak. Semoga tahun depan lebih baik lagi 😁

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya betul Kak. Mudah2an tahun ini lebih baik spy bs jalan2 lagi. Hihihi.

      Delete
  2. Semoga saja musibah ini cepat berlalu aamiin

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amin Kak. Semoga kita bisa lebih bebas beraktivitas lagi.

      Delete
  3. Hi mbak Prasti, salam kenal :)
    Bener banget mbak aku setuju dengan pelajaran dana darurat dan investasi. Di tahun pandemi ini memang belajar banyak untuk mempersiapkan akan hal-hal yang ngga terduga ya.

    Baru kerasa banget kalau dana darurat itu penting, setidaknya untuk bisa produktif ditengah pandemi seperti ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Kak, salam kenal juga. Iya Kak, agak shock sih baru tahu kalau dana darurat tuh penting banget. Tambah belajar soal jenis investasi. Ayuk Kak semangat belajarnya supaya kita bisa segera terhindar dari krisis ini. Amin. Makasih sdh mampir ya Kak.

      Delete

Post a Comment