Beberapa hari ini, internet kos sangat lancar. Alhasil, setiap malam dan hari ini ga berhenti browing dan baca-baca artikel menarik. Salah satu yang menarik adalah artikel di kompas tekno. Dimulai dari artikel-artikel soal gadget terbaru sampai akhirnya baca soal 5 perusahaan TI yang bangkit karena pivot.
Artikel lengkap bisa dibaca di link ini : http://tekno.kompas.com/read/2013/03/22/10595183/5.Perusahaan.TI.yang.Bangkit.Berkat.Pivot)
Pertama kali baca istilah pivot yang diingat adalah fungsi pivot di MS Excel untuk analisa data. Ternyata pivot yang dimaksud disini adalah perubahan yang dilakukan suatu perusahaan apabila strategi awal tidak berhasil. Topik yang cukup menarik, jadi browsing pun berlanjut untuk tahu soal pivot lebih mendalam. Berikut adalah beberapa hal yang didapat :
Q : Ide siapakah ini ?
A : Istilah pivot ini diperkenalkan olehpengusaha dan penasehat usaha Eric Ries dalam sebuah artikel di Lessons Learned
Q : Apakah pivot itu ?
A : Pivot adalah perubahan visi perusahaan tanpa mengesampingkan prinsip-prinsip awal yang sudah dibuat sebelumnya. Perubahan visi ini haruslah merupakan hasil pembelajaran dari pelanggan, teknologi dan lingkungan.
Q : Kapan kita melakukan pivot ?
A : Saat kita membuat produk yang tepat untuk target market yang kurang tepat, maupun sebaliknya.
Q : Bagaimana caranya melakukan pivot ?
A : Pivot dapat diaplikasikan pada semua model bisnis. Berikut ini adalah jenis pivot yang umum dilakukan :
- Masalah pelanggan : menggunakan produk yang sama untuk memenuhi permintaan pelanggan dengan cara berbeda.
- Market segmen : menggunakan produk yang sama untuk memenuhi permintaan pelanggan dengan berbagai segmen yang berbeda.
- Teknologi : menghasilkan teknologi yang lebih mudah dipasarkan dan dapat memenuhi permintaan pelanggan.
- Fitur produk : mengevaluasi fitur produk sesuai kebutuhan pelanggan.
- Pendapatan : mengevaluasi penentuan harga baik menjadi harga rendah atau harga premium.
- Jalur distribusi : mengevaluasi jalur distribusi untuk mendapatkan harga yang lebih murah dan efektif.
- Produk vs Jasa : penambahan servis pada produk yang dijual.
- Kompetitor : adanya kompetitor kuat yang masuk di bisnis yang kita punya. Lakukan diferensiasi dengan beberapa alternatif pivot di atas untuk bertahan.
Informasi di atas masih mendasar banget, sekedar ingin memperkenalkan istilah pivot. Untuk bertahan diantara kompetitor lain, pivot dapat menjadi jalan bagi perusahaan baru maupun existing.
Salam Pivot !
source: www.forbes.com
Comments
Post a Comment