4 Olahraga Wajib Coba Untuk Pemula di 2020


Target 2020 : Kurus!

Siapa disini yang punya resolusi seperti diatas? Aku! Aku! Aku! Hahahaha. Siapa sih yang ga mau ?!
Hampir semua perempuan punya resolusi yang sama. 

Rata-rata pasti sering dapat saran seperti ini: ‘Diet dong! Jangan jajan mulu!’ atau ‘Rutin olahraga supaya perut nggak buncit!’. Duh! Sakit deh telinga. Maunya juga seperti itu ya. Tapi ada daya pasti ada saja halangannya. Buat aku pribadi, olahraga salah satu hal yg lebih mudah dilakukan daripada menjaga makan. Maklum laper mata dan doyan ngemil. Jadi kali ini aku akan sharing pilihan olahraga yang cocok untuk pemula. Buat kamu yang niat penurunan badannya cukup ekstrim, bisa jadi jenis olahraga ini kurang maksimal & pastinya perlu jaga makan juga. Sharing ini sebagai langkah pertama untuk memulai olahraga.
Oke..kita mulai ya...

ZUMBA

source: google.com

Olahraga favorit. Ini olahraga yang paling pas untuk pemula. Gerakannya sederhana dan lebih banyak dance. Musik yang dipakai biasanya musik hits masa kini yang upbeat. Kamu nggak akan merasa sedang olahraga. Selain membuat badan kamu bergerak & berkeringat, olahraga ini bisa bikin kita happy. Hehehe.  Olahraga yang aku rekomendasikan. Aku biasanya zumba di hari Senin. Olahraga ini membuat mood di hari Senin semakin bagus. Sebelum memulai olahraga, pastikan pakaian kamu nyaman untuk olahraga. Selain itu, gunakan sepatu yang nyaman juga ya.  





AEROBIK

source : APKpure.com
Next favourite. Jenis olahraga ini juga membuat kita pastinya berkeringat. Berbeda dengan Zumba, musik yang digunakan adalah upbeat statis. Gerakannya pun lebih teratur. Diantara pemanasan & pendinginan, gerakan utama akan dibagi menjadi 3 bagian. Di akhir gerakan, ketiga gerakan ini akan dikombinasi & diulang. My favourite! Sangat menantang banget untuk bisa mengikuti gerakan yang rumit, teratur dengan musik upbeat. 
Untuk pemula, gerakannya bisa jadi sangat memusingkan. Don't worry, kamu akan terbiasa dengan pola yang dimiliki masing-masing instruktur. Akhirnya pasti akan ketagihan. Kalau kamu mencari keringat, olahraga ini cocok banget. Biasanya aku sampai ‘banjir’. Rambut & baju aku basah. Puas! Oya, baju & sepatu jangan lupa pakai yang nyaman yaa...

YOGA

source: google.com

Nah, olahraga ini bikin penasaran. Aku baru mulai olahraga ini beberapa bulan lalu. Dari cerita teman, olahraga ini bikin ngantuk. Waduh, nggak cocok buat yang biasa aerobik. Mmm, tapi Sophia Latjuba bisa punya badan sebagus itu hanya dengan Yoga. Lho kok bisa?

Kebetulan banget di sekitar komplek rumah ada guru Yoga, jadi bisa bergabung dengan kelas privat. Pertemuan pertama diajari napas Yoga. Awalnya ngantuk banget. Setelah beberapa lama baru terasa manfaatnya. Jangan kaget klo terasa sakit di beberapa bagian tubuh, karena gerakannya memang menarik otot-otot yang nggak pernah dilatih.
Jenis Yoga yang diajari ada 2; Yin & Yang. Yin Yoga gerakannya monoton dengan durasi 1-2 menit & dikhususkan untuk area-area yang sering terasa sakit. Kamu perlu menyiapkan balok & bola.
Yan Yoga gerakannya lebih aktif dengan mengikuti lagu yang sesuai. Kita akan dilatih gerakannya terlebih dahulu, kemudian disuruh mengikuti lagu. Ini cukup membingungkan juga sih, tapi ternyata seru juga. Latihan ini bagus banget lho karena melatih otot tangan, kaki & pinggul. Efeknya aku jadi jarang banget pegal-pegal. Olahraga ini juga cocok untuk orang dengan kondisi kesehatan tertentu karena gerakan bisa disesuaikan. Recommended! Oya, peralatan tambahan yang perlu kamu siapkan adalah yoga mat. Pilih yoga mat tanpa pori supaya tidak licin.

LARI

source: wallpaperaccess.com
Olahraga paling murah. Beberapa tahun terakhir lagi hype banget event lari. Hampir setiap minggu ada event lari. Suamiku suka banget lari jadinya aku kebawa-bawa deh. Hehehe. Tapi kamu ga perlu kok ikut event lari untuk memulai olahraga ini. Bisa dimulai dari keliling kompleks. Pastikan sepatu kamu khusus untuk lari untuk menghindari cedera. Selain itu, jangan lupa lakukan pemanasan di awal. 
Olahraga ini bagus untuk jantung dan kekuatan kaki kamu. Di olahraga ini kamu bisa berlatih berdasarkan jarak, dimulai dari 500 m lalu berlanjut ke 1 km, dst. Untuk pengukuran jarak, kamu bisa download aplikasi lari seperti runtracker. Aplikasi ini akan menghitung jarak, waktu, pace (menit/km) & kalori. Dengan latihan rutin, kamu nggak bakal menyangka bisa mencapai 5 atau 10 km. Just enjoy ya!

Nah itu beberapa pilihan olahraga yang bisa dicoba di tahun 2020.
Selamat mencoba & tetap semangat!!

Comments