3 Tips Work From Home Supaya Tetap Fokus

3 Tips Work From Home Supaya Tetap Fokus


Virus COVID-19 ini mengkhawatirkan. Suasana sangat nggak kondusif untuk pergi ke kantor. Apalagi kita yang harus pergi dengan kendaraan umum. Sesuai himbauan pemerintah, banyak kantor yang akhirnya memutuskan Work From Home (WFH). Kerja di kantor pasti nggak sama sepert di rumah. Jadi bagaimana supaya tetap fokus di rumah?

Ruang Khusus Bekerja

3 Tips Work From Home Supaya Tetap Fokus
graphictwister.com
Walaupun bekerja di rumah, kita tetap perlu punya ruang khusus untuk bekerja. Apalagi yang masih punya anak kecil. Ini juga berlaku untuk anggota keluarga yang lain. Awalnya pasti nggak gampang, pelan-pelan kita beri pengertian. 

Lebih baik kalau ruangannya tertutup ya guys. Jangan lupa juga dilengkapi jaringan internet yang memadai. Bisa jadi atasan mendadak minta teleconference atau bisa jadi ada data-data yang perlu diakses via internet. Pastikan juga ruangannya nyaman karena kamu akan menghabiskan berjam-jam di ruangan itu.


WorkOutfit

3 Tips Work From Home Supaya Tetap Fokus
girlstyle.com
Enaknya WFH, kita bisa bangun lebih siang & langsung kerja. Walaupun kerja di rumah, lebih baik kita tetap mandi & berpakaian rapi. Hah ? Buat apa ? 

Dengan kondisi bersih & rapi, kita jadi bisa fokus bekerja. Video call mendadak, kita sudah siap. Kalau perlu, pakai makeup juga nggak masalah kok. Coba-coba look baru sekalian menghabiskan stok juga. Hehehe.


Buat Jadwal Kerja

3 Tips Work From Home Supaya Tetap Fokus
kindpng.com
Salah satu keuntungan bekerja dari rumah adalah berkurangnya gangguan tiba-tiba. Contohnya ada masalah kerja, meeting atau diskusi mendadak. Kita bisa manfaatkan untuk follow up & menyelesaikan project

Tapi bukan berarti email off nih. Jadi alangkah baiknya kita punya jadwal kerja yang jelas tiap jamnya, termasuk koordnasi online dengan atasan atau rekan kerja. Ini akan membantu kita fokus & tentunya lebih enak melaporkan hasil kerja kita ke atasan. Jangan lupa jadwalkan untuk istirahat & makan siang ya guys.




Apapun situasi yang dihadapi, kita tetap harus bersabar & bersikap positif. Bekerja dari rumah juga butuh tenaga, jadi tetap jaga kesehatan ya. Jangan lupa tetap semangat.

Stay safe!

Comments