Book Review : The Silent Patient by Alex Michaelides


Book Review : The Silent Patient by Alex Michaelides

Buku yang akan kita bahas kali ini adalah novel thriller terjemahan. Buku dengan akhir plot twist yang cukup banyak direkomendasikan. Oke, kita langsung ke bagian sinopsis & reviewnya ya…

Sinopsis :

Suatu malam, terdengar bunyi tembakan dari rumah pasangan Gabriel dan Alicia Berenson. Ketika polisi masuk, Gabriel ditemukan tewas tertembak lima kali di wajah dengan posisi terikat di kursi. Alicia berdiri di depan suaminya. Senjata api tergeletak di lantai.

Alicia membisu. Ia tak menjawab satu pertanyaan pun. Ia tetap dia ketika dituduh membunuh Gabriel. Alicia tetap bungkam sewaktu ditahan; tidak menyangkal atau mengaku. Ia tak pernah bicara lagi.

Alicia tetap membisu-tapi menyatakan satu hal, dengan lukisan potret diri. Ia memberi judul di sudut kiri bawah kanvas, dengan huruf-huruf Yunani biru terang.

Review :

Alicia menjadi bisu setelah kejadian itu. Di cerita ini juga disampaikan isi dari buku harian dari Alice. Jadi kita dibawa untuk memahami keseharian Alicia bersama Gabriel & isi pikirannya sebelum kejadian pembunuhan itu. Selain kedua tokoh ini, ada juga Theo Faber seorang psikoterapis. Theo sangat tertarik dengan kasus Alicia. Kebetulan sekali Th Grove, tempat dimana Alicia dirawat. Theo sangat beruntung karena The Grove menerimanya. Akhirnya Theo & Alicia bertemu. Untuk membuat Alicia berbicara, Theo menyelidiki kehidupan Alicia, bertemu dengan Max Berenson, Lydia Rose & Paul. Apakah Theo berhasil membuat Alicia bercerita terkait fakta pembunuhan Gabriel?

Di buku ini kita juga dibawa untuk mengetahui kisah Theo sebelum menjadi psikoterapis & kehidupannya sekarang. Porsi cerita Alicia dengan Theo nyaris sama. Agak aneh juga sih, kenapa harus cerita tentang Theo ? Alurnya sangat cepat dan selalu membuat penasaran. Ini juga tipe buku yang sayang untuk dilepas. Dengan penyelidikan Theo terhadap kenalan Alicia menjadikan karakter Alicia lebih dikenal dan membuat kita jadi menebak-nebak apakah benar Alicia pelakunya.

Akhir ceritanya luar biasaaaaaaa. Ini cerita dengan plot twist paling oke yang pernah aku baca. Sebagus itu. Menarik banget. Akhir yang nggak disangka-sangka. Jujur sebenarnya ini kisah sederhana banget. Nggak ada teori-teori terkait kriminal atau psikoterapis yang rumit. Kisah biasa yang mudah dibaca dengan alur yang sama sekali nggak membosankan. Recommended & wajib baca.

Sekian & Selamat membaca

💗💗

Comments